Jumat, 20 Maret 2009

jawaban dari ustad tentang boleh ga sih berharap pahala?

berawal dari posting berharap punya anak yang soleh, lanjut ke berharap pahala disini dan disini, maka bertanyalah saya ke ahlinya. Saya bertanya ke beberapa ustadz, inti dari jawaban bliau2 adalah sbb:..

gimana menanggapi ini tadz??
di buku, "secret of ikhlas", disitu dibilang, selama kita masih berharap pahala dalam melakukan ibadah atau kebaikan, maka itu juga belum termasuk dalam kategori "ikhlas"..

ini adalah pemahaman yang berlebihan dan sangat berbahaya. ikhlas itu bisa dibilang: pamrih hanya kepada Allah, bukan kepada makhluk. orang yang tidak berharap apa2 dalam perbuatannya (bahkan kebaikan dari Allah) justru brpotensi untuk terpeleset menjadi riya, karena fitrah manusia sendiri adalah senang dipuji. Pahala itu memang dijanjikan atau diberikan Allah kepada kita. Namanya ga tau terima kasih, sombong kalo kita menolak pemberian Allah. Masa uda dikasi lebih sama Allah ga mau ngambil.

bukankah muslim yang baik bila berada pada rasa takut dan harapan. takut akan siksa Allah, takut neraka, dan mengharap Rahmat Allah, mengharap surga. Harus imbang lho, ga bisa salah satunya aja.

Ibnu Qayyum Al Jauziyah mengatakan: iman, takut, dan harapan pada diri seorang muslim ibarat sebuah burung yang terbang. takut dan harapan adalah sayapnya, yang memberi energi, yang membuat kita bisa bergerak. contoh, kita pergi ke pengajian, beranjak dari tempat tidur, naek motor beberapa kilo, itukan kalo orang ga ada motivasi ga akan mau melakukan itu. rasa harap atas Rahmat Allah yang membuat kita bisa berbuat demikian. Dan sebaliknya, apa yang membuat Anda ga mau melakukan freesex??takut penyakit? takut hamil? mungkin, tapi saya yakin alasan utamanya adalah takut dosa. nah rasa takut itulah yang menghalangi kita berbuat maksiat.

takut dan harapan sebagai sayap, maka iman ibarat kepalanya. Yang menentukan arah. karena itu, diatas rasa takut dan harap tadi, tentu yang pertama adalah iman.

so, singkatnya:
- berharap pahala adalah boleh, bahkan wajib. karena itu adalah pemberian Allah kepada kita
- pamrihlah hanya pada Allah

Wallahu a'lam bishshawab..


*blog yang satunya juga baru diupdate, soal penipuan lewat email yang sangat halus, klik aja

6 komentar:

  1. selama yang diharapkan itu pahala, BOLEEEHHH bgt keknya... ^_^

    BalasHapus
  2. klo g ngarepin apa2, berarti g punya tujuan melakukan apapun dooong...
    :P

    BalasHapus
  3. padahal, salah satu alasan Allah menciptakan manusia itu beda dari makhluk lainnya, menurutku agar manusia bisa memikirkan tujuan hidupnya..
    *wallahu 'alam...
    =D

    BalasHapus
  4. kok blog-Q belom di-link? (annoyed)

    BalasHapus
  5. *balik ke blog sendiri diem2, masang blog tommy di blogroll.. (he he he)

    BalasHapus
  6. hmmm...buku itu terlalu filosofis kayanya ya tom, tapi aku jadi melatih diriku sendiri untuk berbuat sesuatu hanya untuk mendapat ridha Allah, bahkan kalo pun perbuatanku itu belum pantas untuk dibalas dengan pahala..

    BalasHapus