Minggu, 01 Februari 2009

berharap pahala?? boleh kaga sih..

tulisan bung vicky di blognya, about getting married and having baby. beliau menanggapi tulisan saya sebelumnya, soal menikah dan punya anak. nah ini klanjutannya..

bener banget brother..
kite kudu nyiapin juga tanggung jawab kita sebagai ortu. penting banget! bisa bisa ntar kita uda mau ke surga, nyangkut gara-gara anak kita waktu di dunia solat 5 waktunya baru pas sma, karena waktu kecilnya kita biarin.
ya.. mungkin bisa dilihat hubungannya kausalitas, alias sebab akibat.
sebab kita mendidik anak dengan baik, akibatnya di akhirat doanya bisa sampe ke kita, dan sebaliknya.
oh.. ternyata tulisan kita (saya dan bung vicky) matching banget. klo saya bahas bagian akibatnya, klo bliau bahas sebabnya.

nah tambahan,
ust. yusuf mansyur bilang nih
"Allah tu tau kite (manusia) bakhil, suka-nya itung-itungan. Makanya Allah janjiin:
klo lo manusia sedekah, Aku bales berlipat-lipat, 10 x, 70 x, 100 x, dan banyak lagi. makanya solat berjamaah dikasi 27 kali lipet dari solat sendiri, soalnya kite-kite ini kan senengnya yang modal dikit untung banyak.
modal jalan kaki dikit, dapet nya 27 kali lipat. ya kaga apa-apa berharap itunya, daripada kaga ke mesjid.."

mungkin pertanyaan selanjutnya: lah kok pamrih pahala sih??
iya dong, pan ntar di akhirat kita bagi rapor tuh. ada yang banyak dosanya, ada yang banyak amal pahala nya. ya.. pastinya kita semua pengen timbangan pahala amal kebaikan kita lebih banyak kan, insyaAllah..

bonus:
berlebihan sekali penilaian bung vicky terhadap saya ini, i'm not that good. bungkusnya doang kliatan bagus, dalemnya Allah lebih tau, muda2an dalemnye bagus beneran, hehe..

2 komentar:

  1. pernah baca buku, "secret of ikhlas", disitu dibilang, selama kita masih berharap pahala dalam melakukan ibadah atau kebaikan, maka itu juga belum termasuk dalam kategori "ikhlas"..

    berarti berat banged ya buat ikhlas..
    padahal Allah ga akan nerima ibadah kita kalo kita ga sepenuhnya ikhlas..

    BalasHapus
  2. wah ga tau ya.. blom baca buku itu, mungkin pendekatan/penjabaran ustadnya dari sisi yang berbeda, jadi ga bisa diambil separo-separo. klo yang tak tulis ini dari ust.yusuf mansyur

    BalasHapus