Kamis, 08 Januari 2009

Khutbah Jumat, Manusia yang beruntung adalah..

muda-mudaan dengan ditulis, bisa lebih lama ingetnya.

Jumatan di Cisitu, yang ceramah pak Andi. Beliau ini emang mantap, dadakan gitu loh jadi kotibnya.
ta'mir mesjid: "karena yang dijadwalkan belom datang, dan perwakilannya juga tidak ada, maka yang akan menjadi khotib adalah... (celingak celinguk).. Ustadz Andy, silakan pak Andi"

Pak Andi ini masih muda, tapi elmu nya oke banget, tampilannya bikin siapa aja pasti segan klo lagi ngomong ama bliau, tinggi besar, selalu pake gamis putih, dan jenggot yang panjang dan lebat, plus sorot mata tajam

oke ini (sebagian) isi kutbahnya:
bliau membacakan dan membahas surat Al Ashr. Manusia itu rugi, semuanya rugi, rugi dalam artian Allah lho, bukan rugi manusia, klo rugi manusia kan relatif, tapi klo rugi Allah mutlak. semuanya rugi, kecuali:

1. yang beriman
gimana sih yang beriman itu, seperti dalam Al Baqarah ayat 2, yaitu yang mengimani yang gaib. pahala solat berjamaah 27 kali, itu goib, pahala berjalan ke mesjid untuk solat 5 waktu, itu goi, zikir, baca quran, sedekah, itu semua goib, pahala, surga, neraka, itu goib. kita kudu percaya ama yang begituan. ga cuma ini lo penjelasan iman, masi banyak , ini salah satunya aja. trus beriman saja ternyata ga cukup, harus ditambah

2. beramal soleh,
apa aja yang bisa disebut beramal soleh? ada 3 syaratnya: diperintahkan Allah, dicontohkan Rasul, dan dilakukan dengan ikhlas. contoh: makan dan minum, ada perintahnya di quran (silakan dicari ayat dan suratnya), melakukannya juga harus seperti Rasul, harus duduk (lah trus pernikahan muslim yang standing party gimana dong??), pake tangan kanan, terus ga bernafas wajtu minum, dsb. eh Rasul itu bener2 harus diidolain lho, baik perilaku maupun penampilan. (seseorang bisa dilihat ngidolain siapa kan bisa dilihat dari tampilannya, yang lagi in kayanya model rambut vokalis kangen band,huhu.. yakin dia idolamu? atau bob marley? atau che guavara? atau megawati? atau kaka? atau valentino rossi? yuk kita pikir lagi, apa tujuan kita ngidolain mereka, mereka mau nolong ntar di siksa kubur? DEFINITELY NO) Dan diatas semuanya itu, harus ikhlas.

3. Berdakwah
abis beriman, beramal soleh, juga masi rugi, kecuali ditambah yang berdakwah., yang saling menasehati dalam kebaikan.

4. Sabar
nah, kalo orang uda beriman, beramal soleh, da berdakwah, pasti ditengah jala banyak cobaan, kudu sabar biar kumplit.

sebenernya masi banyak lagi isi kutbahnya tadi, lama gitu loh, dan SEREM boi!! banyak soal kematian, siksa, kuburan, arghhh!! bagian ini nanti saja lah (muda-mudahan)

so intinya, biar kaga rugi alias untung di akhirat:
beriman+beramal soleh+berdakwah+sabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar